Berbeda dengan sit-up, “The Crunch” atau curl-up, dinilai sangat efektif untuk membentuk otot perut, terutama bagian otot yang disebut rectus abdominis (otot perut bagian depan). Otot inilah yang tampak pada perut yang six-pack. Mungkin anda sebenarnya sudah pernah melakukan the crunch, hanya saja anda dan teman-teman anda tetap menyebutnya dengan sit-up. Pada gerakan ini kedua tangan diletakkan di belakang kepala, tetapi jangan terlalu kencang karena leher dapat tertarik dan menyebabkan cedera. Variasi yang lain tangan dapat disilangkan di bagian depan badan dengan kedua tangan menyentuh bahu.

Bedanya dengan sit-up, pada the crunch bagian punggung bawah dari tengah tulang punggung hingga bagian tulang ekor tidak ikut terangkat. Dengan kata lain, latihan ini akan melatih lebih keras otot perut anda dengan mengurangi resiko cidera terhadap punggung anda.

Agar lebih efektif lagi, biasanya instruktur fitness anda akan menyarankan untuk menarik pusar anda ke dalam, atau seolah-olah menyedot perut anda, saat melakukan crunch. Sebenarnya cara ini kurang efektif, bahkan suatu penelitian telah membuktikan bahwa dengan ”menyedot perut anda” aktivitas rectus abdominis akan berkurang.

Lalu seperti apa latihan otot perut yang efektif?
Suatu penelitian yang melibatkan 25 orang menunjukkan bahwa crunch akan lebih efektif jika perut dikencangkan dan bukannya disedot. Bagian pusar justru sebaiknya didorong keluar dengan mengencangkan otot-otot perut.

Untuk mengurangi resiko cidera punggung dan leher saat melakukan crunch, salah satu kaki dapat dilipat hingga membentuk sudut 90o sementara kaki yang lain tetap lurus sejajar dengan lantai. Selain itu, letakkan lidah Anda pada bagian langit-langit atas mulut untuk membantu menstabilkan otot leher.

Selamat mencoba!

Sumber : L-Men Institute April 2006