Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa pola tidur yang tidak teratur membuat kesehatan dan produktivitas kita sering terganggu. Hal ini nampakanya menjadi gejala yang sudah lazim dan sering ditemui pada budaya pola masyarakat yang modern seperti sekarang ini. Pola tidur yang tidak teratur selain dapat menyebabkan seseorang susah tidur dalam durasi tidak normal juga dapat menyebabkan timbulnya gangguan susah tidur (imsonia). Hal ini juga berdampak buruk terhadap kebiasaan untuk bangun pagi (seperti ketika kita masih kecil (anak-anak)) menjadi lebih susah untuk dilakukan kembali.

Pada dasarnya pasti setiap diri kita yang pernah mengenyang bangku pendidikan (terutama waktu SD), pasti memiliki kebiasaan bagun pagi yang teratur. Namun ketika menginjak dewasa banyak godaan atau tuntutan akan aktivitas yang menyita waktu lebih di malam hari seperti karena pekerjaan yang deadline, tugas praktikum kuliah yang kejar tayang, atau mungkin hobi menonton klub sepakbola hingga pagi buta (biasanya anak cowok tuch he3) pada akhirnya membuat siklus tidur dan bangun tidur berantakan tidak karuan.

Mungkin bagi individu-individu yang mudah terlelap, maka untuk menciptakan kebiasaan tidur dan bangun tidur yang teratur tidak terlalu sulit, namun bagi sebagian orang yang susah tidur untuk melakukan hal tersebut mungkin tidaklah mudah.

Memiliki kebiasaan untuk senantiasa bangun di pagi hari adalah sebuah investasi bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap sehat dan fit dalam kurun waktu panjang kedepannya. Bagi sebagian orang yang telah memiliki kebiasaan yang buruk pada pola tidurnya, mungkin akan sulit untuk mengembalikan ke keaadaan seperti normal yang seharusnya, terutama untuk melakukan kebiasaan bangun pagi yang normal. Nah berikut ini adalah beberapa tips jitu agar mudah bangun pagi:

1. Pertama usahakan untuk meminum segelas air putih sesaat menjelang tidur dan setelah bangun dari tidur. Kenapa? Hmm… Selama kita tidur, maka tubuh sedang melakukan metabolime dan hal ini akan membuat tubuh mengalami dehidrasi akan air. Dengan meminum air sebelum perut kita mencerna makanan di pagi hari juga dapat membantu untuk menyegarkan stimulasi sistem saraf dan pencernaan kita loeh…

2. Jika kita termasuk type orang yang susah tidur maka dengan mematikan lampu kamar adalah pilihan alternatif yang sangat membantu. Namun jika kita takut akan kegelapan, maka dapat dilakukan dengan menyalakan lampu yang redup. Buat ruang tidur kita senyaman mungkin agar tubuh menjadi rileks dan otak juga menjadi siap untuk diistirahatkan.

3. Kemudian mungkin kita juga memiliki kebiasaan untuk memasang alarm jam berapa kita akan bangun. Nah, jika alarm tersebut kita setting dari handphone maka sebaiknya pilih ringtone alarm yang lembut (yaitu jenis musik yang miningkat perlahan volumenya), jangan sebaliknya memilih musik yang mengagetkan. Jika kita pilih jenis alarm musik yang langsung keras dan mengejutkan, maka secara otomatis tubuh kita terkejut mendadak dari tidur dan cenderung untuk segera mematikan alarm tersebut untuk kembali tidur lagi. Bunyi alarm yang terlalu mengagetkan juga akan menyebabkan kemungkinan kita terkena penyakit jantung dikemudian hari.

4. Coba untuk melakukan peregangan agar tubuh lebih rileks sesaat setelah bangun tidur. Gerakan peregangan juga bermanfaat agar tubuh dapat mengumpulkan energi agar tidak kembali tidur. Gerakkan peregangan yang dapat dilakukan seperti gerakkan yoga, menggerakan dan memutar badan ke kiri dan ke kanan, dll. Gerakkan peregangan juga dapat membantu untuk menghilangkan pusing kepala karena kita mungkin bangun terlalu dini. Lebih bagus lagi jika memungkinan lakukan gerakan olahraga ringan lainnya seperti push up, melompat ringan, mengambil nafas dalam-dalam, dll. Jika sinar matahari sudah ada, sebaiknya ajak tubuh kita untuk menghampirinya setidaknya untuk durasi beberapa menit.

5. Jika kita penggemar kafein atau kopi, maka usahakan jangan meminum kopi sesaat sebelum tidur, tapi mungkin lebih baik dilakukan di pagi hari setelah kita bangun dari tidur. Tapi sebaiknya jangan mengkonsumsi kafein berlebihan, sesekali boleh lah, tapi kalau Almarhum Mbah Surip gk tau dech he4x…

6. Setelah kita bangun (setelah melakukan beberapa peregangan dan olahraga ringan), maka sebaiknya segera begegas untuk mandi agar tubuh menjadi lebih segar kembali. Setelah mandi jangan lupa untuk sarapan agar tubuh mendapatkan cukup asupan gizi dan energi untuk mengerjakan aktivitas yang padat seharian. Dengan sarapan, maka kita akan terhindar dari rasa kantuk di siang hari dan menghindari untuk makan balas dendam (berlebihan) di siang hari. Tapi jika memungkinkan, tidak ada salahnya jika kita tidur siang untuk beberapa menit agar tubuh fit kembali.

7. Nah jika kita telah menjalankan rutinitas bangun pagi dengan baik dalam beberapa hari terakhir, maka usahakan untuk menjaga pola ini agar dapat terjaga dengan baik hingga telah menjadi sesuatu kebiasaan baik yang tidak mudah berubah untuk menjadi tidak teratur lagi!