Tentunya kita pasti sudah mengetahui bahwa otak manusia memiliki peranan yang penting untuk mengotrol dan mengendalikan tubuh manusia sesuai yang kita inginkan. Otak memiliki peran yang sangat vital untuk menunjang aktivitas dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan otak yang sehat dan pintar tentunya kita dapat meraih cita-cita yang kita inginkan (tentunya juga diiringi dengan usaha dan kerja keras yang maksimal) dengan baik.

Kinerja otak yang kurang maksimal atau bahkan cacat dapat menyebabkan sesorang terganggu atau lumpuh untuk melakukan aktivitas dengan normal. Banyak jenis penyakit yang menyerang otak, salah satunya adalah penyakit yang mematikan seperti Alzheimer seperti yang menimpa petinju legendaries Muhammad Ali. Penyakit Alzheimer dapat membuat manusia mengalami kelumpuhan secara non-fisik, jadi walaupun fisik organ tubuh masih normal dan sehat tapi jika terkena penyakit jenis ini dapat menyebabkan daya ingat berkurang derastis. Bahkan ada beberapa kasus penyakit Alzheimer dapat membuat penderita hanya dapat mengingat waktu memori selama 5 menit.

Menurut penelitian yang dilakukan, selain erat kaitannya dengan gen atau keturunan, melemahnya kemampuan kinerja ingatan otak sangat erat kaitannya dengan gaya dan pola hidup yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut pola hidup yang perlu diperhatikan agar otak kita tetap cerdas dan berfungsi tetap baik:

1. Jika kita memiliki pola hidup sering memberi asupan tubuh berupa minuman berakohol (terlebih lagi kita kan tinggal di Negara tropis, jadi pasti bisa-kan menjauhkan minuman alkohol dari tubuh yang kita cintai ini!), maka sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan jelek ini! Penelitian yang dilakukan di Negari Paman Sam USA, menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi minuman ber-akohol akan lebih cenderung mengalami penurunan kemampuan kognitif hingga 40 persen jika dibandingkan dengan orang dengan pola hidup normal jauh dari minuman alkohol.

2. Sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan akan konsentrasi oksidan dan quercetin seperti buah apel. Karena menurut penelitian kandungan akan konsentrasi oksidan dan quercetin dapat membantu meminimalisir kerusakan sel otak yang disebabkan oleh radikal bebas yang sangat sulit dihindari jika kita hidup di lingkungan perkota-an seperti sekarang ini.

3. Perbanyak mengkonsumi sayuran yang kaya akan kandungan kadar folat yang dapat ditemukan sayuran seperti brokoli, bayam, dll. Kandungan kadar folat dapat membantu mengurangi resiko kemunduran kemampuan bicara.

4. Perbanyak mengkonsumi jenis ikan berlemak seperti salmon, dimana jenis ikan ini kaya kandungan akan omega 3 yang dapat membantu mengurangi hingga 70 persen plak. Sebagai informasi tambahan nih, kandungan kadar plak dalam pembuluh darah merupakan salah ciri mulai kehadiran dari penyakit mematikan seperti Alzheimer.

5. Usahakan untuk selalu menerapkan pola makan dengan benar terutama makan secukupnya jangan berlebihan! Karena menurut penelitian pola makan yang berlebihan yang berujung menyebabkan obesitas (kalau dah ndut diet dech, capek dech!) dapat memperbesar kemungkinan peningkatan kandungan plak dalam pembuluh darah. Hmm…Emang benar gak bagus kalau makan berlebihan! He4x…

6. Lakukanlah olahraga yang teratur seperti membiasakan untuk berjalan kaki tiap harinya. Dengan melakukan olahraga yang teratur maka dapat membuat peredaran darah menjadi lebih baik dan lancar (termasuk peredaran darah di otak).

7. Dementia adalah salah satu jenis penyakit lain yang menyerang otak, dimana dapat dirangsang dengan adanya kolesterol dan tekanan darah yang tidak normal. Sebuah studi di AS mengukapkan bahwa selain dapat menyebabkan serangan jantung, penyakit diabetes dan kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan penyakit dementia.